Merupakan suatu bidang
studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan
kapabilitas manusia dan limitnya seta faktor kenyamanan kerja seperti
kenyamanan dari segi anatomi, psikologi, manajemen, tata letak ruang dan
peralatan yang mudah dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.
Keuntungan Penerapan
Ergomomi
1. Produktifitas
meningkat
2. Aktifitas
lebih baik karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
3. hasil
kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar
4. Efisiensi
dan efektif dalam pengoperasian sistem.
Aspek Ergomoni dalam IMK
sangat diperngaruhi oleh ;
1. Merupakan kebiasan/ karakteristik
manusia dalam menghasilkan kinerja untuk kemajuan organisasi
2. Manusia
a. Perilaku
b. Budaya
c. Sistem
kerja
d. Kedisiplinan
dan tanggung jawab
1. Hardware
/ peralatan Teknologi Informasi
a. Sistem
/ piranti yang terbaru atau yang mudah dikenal dan interaksi yang mudah
diingat.
b. Dapat
menerima aplikasi dalam permasalahan yang komplit supaya cepat memberikan
infomasi.
c. Dapat
menjaga dan mendeteksi kesalahan dari aspek manusia dan software.
1. Software
a. Dapat
melakukan interogatif dengan brainware dan hardware dengan cepat.
b. Memberikan
informasi dalam mengurangi kesalahan sistem logika apabila kelaur dari konsep
Sistem Informasi.
c. Dapat
memberikan informasi model yang terbaru dalam melayani penggunaan tentang hasil
informasi atau konsisten.
Prinsip-prinsip ergonomi
1. Prinsip
physical
a. Jadikanlah
segala sesuatu mudah dijangkau
b. Bekerja
dengan tinggi yang sesuai
c. Bekerja
dengan postur yang sesuai
d. Mengurangi
pengeluaran tenaga yang berlebihan
e. Meminimalkan
keletihan/kepenatan
f. Mengurangi
pengulangan yang berlebihan
g. Memberikan
jarak ruang dan akses
h. Meminimalkan
kontak atau hubungan stress
i. Memberikan
bobilisasi dan merubah posisi
j. Menciptakan
leingkungan yang menyenangkan pencahayaan, temperatur dan mengecilkan getaran.
2. Prisip
kognitif
a. Adanya
standarisasi
b. Menghubungkan
APSI dan persepsi
c. Mempermudah
pemaparan suatu informasi
d. Menyajikan
informasi pada level yang tepat secara detail
e. Memberikan
gambaran yang jelas
f. Membuat
pola yang benar dan pengelompokan data yang jelas
g. Memberikan
umpan balik secara cepat.
Pencahayaan
Tujuan
pencahayaan ;
a. Menghindari
user dari cahaya terang langsugn dari pantulannya
b. Memperoleh
keseimbangan antar kecerahan layar tampilan dan kecerahan pencahayaan yang ada
di depan user.
c. Menghidari
cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan.
d. Memberiakn
keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk perkejaan yang tidak
menggunakan layar tampilan.
Sumber cahaya
a. Cahaya
langsung bersala dari matahari dan lampu yang langsung menerobos ke ruang
pekerjaan lewat jendela.
b. Cahaya
tidak langsung, dipantulkan oleh tembok atau partisi platfon lantai, bahan yang
disekitar monitor, permukaan meja dan pakaian yang digunakan oleh operator.
c. Panas
yang berlebihan dari suhu komputer, untuk mengatasi hal tersebut maka
diperlukan tata ruang yang dapat meredam dan menstabilkan cahaya dan suhu
ruangan yang nyaman untuk menjaga keawetan peralatan.
Gangguan suara
Berasal
dari AC, komputer, manusia, suara speaker dan peralatan lain yang mengakbiatkan
tergangnunya konstrasi user / pengguna dalam melangsungkan aktifitas.
Ergonomik
a. Kenyamanan
dalam menjalankan aktifitas
b. Keseimbangan
dari semua aspek
c. Aspek
menggambarkan suasana kerja yang familiar
d. Ruangan
yang artistik
e. Lingkungan
yangmeningkatkan hasil kerja
f. Keserasian
dari tata letak pencahaan, prilaku, sistem yang familiar dapat meningkatkan
pengembangan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar